Hubungi Kami 021-22715222

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN JIKA BAYI SAYA KUNING DAN BERAT BADANNYA TURUN?

21 Februari 2024
apa-yang-harus-saya-lakukan-jika-bayi-saya-kuning-dan-berat-badannya-turun

Kita sudah mengetahui menyusui eksklusif adalah terbaik untuk bayi. Menyusui mempunyai keuntungan jangka pendek dan jangka panjang bagi bayi dan ibu . AAP (American Academy of Pediatric) dan WHO (World Health Organization) juga telah merekomendasikan menyusui selama 1-2 tahun. Tetapi mengapa penggunaan susu formula di awal kelahiran masih cukup sering?

Selengkapnya

Miliaria (Biang Keringat) pada Bayi, Mengenal dan Mencegahnya

05 Januari 2024
miliaria-biang-keringat-pada-bayi-mengenal-dan-mencegahnya

Miliaria merupakan salah satu masalah kulit yang sering dijumpai pada bayi dan anak. Hal ini ditandai bintil-bintil kecil berwarna merah yang kadang-kadang berisi air, disertai atau tidak kulit yang tampak kemerahan. Pada bayi sering disertai gejala rewel bahkan mengganggu tidurnya, anak yang lebih besar akan sering menggaruk bagian-bagian yang terkena miliaria, hal ini disebabkan karena rasa gatal.

Selengkapnya

Kenapa Mata Bayi "Belekan"?

14 Desember 2023
kenapa-mata-bayi-belekan

Belekan atau kotoran pada sudut mata sering dialami bayi baru lahir sejak hari-hari hingga minggu pertama usianya. Belekan yang terjadi bisa mengenai satu atau kedua mata sekaligus. Mata tampak lengket, diikuti warna belek yang kuning. Air mata sering tampak menetes dan kelopak mata tampak sembab namun tanpa diikuti oleh kemerahan pada bagian putih mata atau konjunctiva serta belekan seperti nanah.

Selengkapnya

Hipotermia pada Bayi Baru Lahir: Kapan Harus Membawa Bayi ke Dokter?

11 Mei 2023
hipotermia-pada-bayi-baru-lahir-kapan-harus-membawa-bayi-ke-dokter

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam merawat bayi baru lahir di rumah adalah suhu tubuh. Masalah pada suhu bayi baru lahir adalah hipotermia atau suhu tubuh kurang dari 36,5°C dan demam. Banyak penyakit memiliki gejala hipotermia di antaranya infeksi berat seperti sepsis neonatorum, radang selaput otak, radang paru, hipoglikemi, dan lain-lain. Hipotermia merupakan hal berbahaya yang perlu penanganan segera. Oleh karena itu, pengenalan kondisi hipotermia secara dini dan segera melakukan tindakan yang memadai sangatlah penting.

Selengkapnya

Bagaimana Bayi Tidur?

09 Oktober 2022
bagaimana-bayi-tidur

Dalam sehari bayi dapat tidur sampai total 20 jam, yang terpecah dalam periode-periode tidur 20 menit hingga 4 jam. Usahakan kamar bersuhu sejuk, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, dan mendapat cahaya serta ventilasi cukup.

Selengkapnya

Bayi Kuning

09 Oktober 2022
bayi-kuning

Kuning dalam istilah dunia kedokteran disebut dengan jaundice atau ikterus. Istilah jaundice (berasal dari bahasa Perancis jaune, yang berarti kuning) atau ikterus (berasal dari bahasa Yunani icteros) menunjukkan pewarnaan kuning pada kulit, sklera atau membran mukosa sebagai akibat penumpukan bilirubin yang berlebihan pada jaringan.

Selengkapnya

Bintik Merah pada Bayi

09 Oktober 2022
bintik-merah-pada-bayi

Baby acne yaitu bintil- bintil pada wajah, normal terjadi pada minggu keempat atau kelima karena stimulasi kelenjar keringat pada kulit oleh hormon yang melewati plasenta selama kehamilan.

Selengkapnya

Kolik pada Bayi

09 Oktober 2022
kolik-pada-bayi

Jika bayi menangis terus menerus dan tidak dapat dihentikan mungkin saja bayi Anda mengalami kolik. Bayi pada umumnya sering mengalami kolik pada pagi dan sore hari.

Selengkapnya