Hubungi Kami 021-22715222

Kesemutan pada Ibu Hamil, Normalkah?

08 Juli 2024
kesemutan-pada-ibu-hamil-normalkah

Kesemutan atau mati rasa adalah salah satu keluhan ibu hamil yang paling sering muncul saat bangun di pagi hari atau tidur di malam hari. Umumnya, keluhan ini dirasakan pada pertengahan atau menjelang akhir kehamilan, sekitar 8 minggu terakhir.

Selengkapnya

BOLEH GAK BUMIL MAKAN JUNK FOOD?

08 Juli 2024
boleh-gak-bumil-makan-junk-food

Saat ini junk food semakin banyak beredar di masyarakat, tidak dipungkiri ibu hamil juga menginginkan makan makanan junk food. Boleh ga sih ibu hamil makan junk food ? Junk food atau makanan cepat saji memang dikenal dengan rasa dan aromanya yang menggoda. Namun, ada alasan mengapa makanan-makanan ini diberi nama junk atau “sampah” dan perlu dihindari, termasuk oleh ibu hamil.

Selengkapnya

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester 3

27 Mei 2024
posisi-tidur-yang-baik-untuk-ibu-hamil-trimester-3

Memasuki kehamilan trimester ketiga, perubahan pada tubuh ibu hamil makin terlihat, seperti berat badan naik dan perut makin membesar. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengalami nyeri punggung dan perut mulas. Berbagai kondisi tersebut pasti membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, bahkan kesulitan untuk tidur. Hal ini bisa diatasi dengan mempraktikkan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 7–9 bulan. Cukup tidur selama mengandung membuat kesehatan ibu hamil tetap terjaga dan janin berkembang dengan optimal.

Selengkapnya

Sukses Menyusui saat Bekerja

03 November 2023
sukses-menyusui-saat-bekerja

Menyusui merupakan hak setiap ibu, termasuk ibu bekerja. Dalam Konvensi Organisasi Pekerja Internasional tercantum bahwa cuti melahirkan selama 14 minggu dan penyediaan sarana pendukung ibu menyusui di tempat kerja wajib diadakan. Undang-Undang Perburuhan di Indonesia No.1 tahun 1951 memberikan cuti melahirkan selama 12 minggu dan kesempatan menyusui 2 x 30 menit dalam jam kerja. Namun ibu bekerja masih dianggap sebagai salah satu faktor penyebab tingginya angka kegagalan menyusui, padahal di negara-negara industri 45-60% tenaga kerja merupakan wanita usia produktif.

Selengkapnya

Atasi Nyeri Punggung Bumil dengan Yoga dan Senam Hamil

03 November 2023
atasi-nyeri-punggung-bumil-dengan-yoga-dan-senam-hamil

Nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III terjadi karena perubahan hormonal yang menimbulkan perubahan pada jaringan lunak penyangga dan penghubung sehingga menurunnya elastisitas dan fleksibilitas otot. Ketidaknyamanan yang biasa terjadi pada ibu hamil trimester III yaitu konstipasi atau sembelit, edema atau pembengkakan, insomnia, nyeri punggung bawah (nyeri pinggang), kegerahan, sering buang air kecil, hemorhoid, heart burn (panas dalam perut), perut kembung, sakit kepala, susah bernafas, varices

Selengkapnya

Cara Mengurangi Mual Muntah pada Kehamilan

03 November 2023
cara-mengurangi-mual-muntah-pada-kehamilan

Trimester pertama kehamilan merupakan masa kritis saat janin berada dalam tahap awal pembentukan organ-organ tubuh. Jika janin mengalami kekurangan gizi tertentu pembentukan organ yang sempurna bisa mengalami kegagalan. Selain itu janin berisiko lahir dengan berat badan lahir rendah. Berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi mual muntah pada masa kehamilan bisa dilakukan secara farmakologis maupun non farmakologis. Terapi secara farmakologis antara lain dengan pemberian Vitamin B6, B Kompleks, dan B12. Berbagai upaya non farmakologis sudah dikembangkan dan sudah dilakukan penelitian-penelitian terkait. Terapi komplemeter atau pengobatan secara tradisional sekarang sudah dibuatkan peraturannya agar memiliki aspek legal.

Selengkapnya

Ngidam Makanan saat Hamil, Kenapa Ya?

11 Oktober 2023
ngidam-makanan-saat-hamil-kenapa-ya

"Makanan tertentu yang sebelumnya saya sukai sekarang terasa aneh, dan saya malah mengidam makanan tertentu yang tidak pernah saya sukai sebelumnya. Apa yang terjadi?"

Selengkapnya

Hubungan Intim saat Hamil, Amankah?

11 Oktober 2023
hubungan-intim-saat-hamil-amankah

Dengan segala perubahan fisik yang Anda alami selama sembilan bulan kehamilan, tidak mengherankan bahwa hasrat dan kesenangan seksual Anda ikut terpengaruh, baik secara positif maupun negatif. Anda perlu belajar mengatasi dampak-dampak yang negatif agar hal-hal tersebut tidak banyak mengganggu kehidupan seksual Anda.

Selengkapnya