Hubungi Kami 021-22715222

Menentukan Masa Subur

07 Juni 2023
menentukan-masa-subur

Mengetahui masa subur adalah kunci untuk hamil. Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu Anda menandai hari besar tersebut dan menandai hari yang tepat untuk memulai kegiatan "membuat" bayi. Perhatikanlah kalender Anda. Hari-hari pada pertengahan siklus menstruasi Anda biasanya merupakan masa yang paling subur. Rata-rata, siklus berlangsung selama 28 hari (dapat pula berlangsung selama 23-35 hari), dimulai dari hari pertama menstruasi (hari 1) hingga hari pertama pada menstruasi berikutnya. Lama siklus Anda mungkin sedikit berbeda setiap bulan. Dengan membuat kalender menstruasi selama beberapa bulan, Anda dapat memperkirakan masa subur. (Setelah Anda hamil, kalender ini dapat dijadikan panduan untuk memperkirakan tanggal kelahiran bayi Anda.) Jika menstruasi tidak teratur, Anda perlu mengetahui tanda-tanda lainnya.

Selengkapnya

Persiapan Pra-Kehamilan untuk Calon Ayah

07 Juni 2023
persiapan-pra-kehamilan-untuk-calon-ayah

Walaupun Anda tidak ikut mengandung, tidak ada calon ibu yang dapat mengandung tanpa Anda. Jadi, peran Anda dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat pun tak kalah penting. Langkah-langkah berikut adalah untuk Anda. Temui dokter. Para calon ayah pun perlu menjalani pemeriksaan kesehatan sebab bagaimanapun, upaya untuk memiliki bayi yang sehat memerlukan partisipasi dua tubuh yang sehat. Pemeriksaan fisik menyeluruh dapat mendeteksi gangguan kesehatan (seperti buah zakar yang tidak berada di tempat semestinya serta kista atau tumor pada buah zakar) yang dapat mengganggu upaya istri Anda untuk hamil atau mengganggu kesehatan janin yang akan dikandungnya kelak. Penting pula untuk memastikan bahwa setiap gangguan kesehatan kronis yang dapat mengganggu kesuburan, misalnya depresi, berada dalam kondisi yang terkendali.

Selengkapnya

Persiapan Pra-Kehamilan untuk Calon Ibu

07 Juni 2023
persiapan-pra-kehamilan-untuk-calon-ibu

Siap menaikkan penumpang mungil itu ke dalam kandungan ibu? Berikut ini beberapa langkah pra-kehamilan untuk memastikan kandungan berada dalam kondisi yang baik. Menjalani pemeriksaan pra-kehamilan. Anda belum perlu memilih dokter atau bidan, tetapi tidak ada salahnya menemui dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis kandungan langganan Anda untuk menjalani pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Pemeriksaan tersebut akan menyingkap setiap gangguan kesehatan yang perlu ditangani sebelum Anda hamil atau perlu dipantau selama Anda hamil kelak. Dokter pun perlu menjauhkan Anda dari setiap obat-obatan yang dapat menghambat atau mengganggu kehamilan, memastikan Anda mendapat semua imunisasi yang diperlukan, dan mendiskusikan berat badan, pola makan, kebiasaan minum, dan gaya hidup Anda beserta persoalan lain dalam tahap pra- kehamilan.

Selengkapnya

Persiapan Kehamilan

07 September 2022
persiapan-kehamilan

Tujuan dari setiap kehamilan adalah untuk bisa mendapatkan bayi yang sehat. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, ternyata tidak cukup hanya dengan kontrol teratur saat kehamilan. Pasangan yang sudah memutuskan ingin mempunyai anak dianjurkan untuk melakukan konsultasi untuk persiapan kehamilan.

Selengkapnya