Hubungi Kami 021-22715222

Kanker Payudara Salah Satu Penyebab Kematian Terbanyak pada Wanita?

08 Juli 2024
kanker-payudara-salah-satu-penyebab-kematian-terbanyak-pada-wanita

Kanker payudara masih menjadi dilema kesehatan masyarakat di seluruh dunia dan saat ini merupakan tumor paling umum di dunia. Kesadaran akan kanker payudara, perhatian masyarakat, dan kemajuan dalam pencitraan payudara telah memberikan dampak positif pada pengenalan dan skrining kanker payudara.

Selengkapnya

Tumor Jinak Rahim (MIOMA)

05 Oktober 2022
tumor-jinak-rahim-mioma

Tumor jinak rahim (mioma) merupakan tumor jinak yang berkembang dari jaringan otot rahim. Ukuran, bentuk, dan lokasi tumor jinak rahim dapat sangat bervariasi. Mereka mungkin berada pada bagian dalam rahim, pada permukaan luar atau di dalam dinding rahim, atau bertangkai. Seorang wanita mungkin hanya memiliki satu tumor jinak rahim, tetapi bisa juga lebih dari satu dengan ukuran yang bervariasi.

Selengkapnya

Mengenal Vaksin HPV

05 Oktober 2022
mengenal-vaksin-hpv

Human papilomavirus (HPV) merupakan virus yang menyebabkan kanker leher rahim dan kondiloma. HPV juga dapat menyebabkan kanker dari vulva dan vagina pada wanita walaupun kedua kanker ini jauh lebih jarang dibandingkan kanker leher rahim. HPV juga bisa menyebabkan kanker anus dan rongga mulut serta tenggorokan baik pada pria maupun wanita.

Selengkapnya

Mengenal Pemeriksaan PAP SMEAR

05 Oktober 2022
mengenal-pemeriksaan-pap-smear

Pap smear adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter untuk deteksi dini kanker leher rahim (kanker serviks). Leher rahim (serviks) adalah bagian dari rahim. Selama pap smear, dokter akan menggunakan alat khusus yang di sebut spekulum (cocor bebek) ke dalam jalan lahir (vagina). Hal ini bertujuan untuk membuka jalan lahir sehingga dokter dapat melihat leher rahim sehingga bisa mengambil sampel dari leher rahim. Dokter akan membersihkan leher rahim dengan kapas lidi secara perlahan baru kemudian mengambil sampel sel dari leher rahim menggunakan sikat halus, spatula kecil atau kapas lidi. Dokter kemudian akan mengoles sampel yang diambil tadi pada kaca objek atau memasukkan ke dalam botol berisi cairan untuk dikirim ke laboratorium dan diperiksa menggunakan mikroskop.

Selengkapnya

Kista Indung Telur (Ovarium)

05 Oktober 2022
kista-indung-telur-ovarium

Kista indung telur adalah kantong yang berisi cairan yang berkembang pada atau dalam indung telur (ovarium). Kista indung telur cukup umum terjadi pada wanita di semua usia. Kista indung telur dapat satu atau lebih dari satu dan mempunyai ukuran yang bervariasi, mulai kurang dari 1 cm hingga lebih dari 10 cm. Beberapa wanita dengan kista indung telur mengalami gejala nyeri atau tekanan pada rongga panggul, tetapi wanita lain bisa juga tidak mengalami gejala apapun. Ada berbagai jenis kista indung telur, kebanyakan kista bersifat jinak dan jarang membutuhkan pembedahan.

Selengkapnya

Keputihan

05 Oktober 2022
keputihan

Keputihan adalah lendir yang berasal dari liang kemaluan (vagina). Lendir ini dapat bervariasi dalam hal :

Selengkapnya

Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim)

05 Oktober 2022
kanker-serviks-kanker-leher-rahim

Serviks atau leher rahim merupakan bagian terbawah atau leher dari rahim. Kanker serviks terjadi jika sel normal pada serviks berubah menjadi sel yang tidak normal, dan tumbuh tidak terkontrol. Jika kanker ini ditemukan dan diterapi pada tahap dini maka bisa sembuh dengan baik.

Selengkapnya