Hubungi Kami 021-22715222

Penyakit Infeksi Yang Berbahaya Saat Hamil

17 Oktober 2022
penyakit-infeksi-yang-berbahaya-saat-hamil

TORCH (Toksoplasmosis, Rubella, CMV, Herpes) dan beberapa penyakit infeksi lain seperti parvovirus B19, listeria, cacar air, streptokokus grup B, hepatitis dan HIV dapat menyebabkan masalah dalam kehamilan. Masalah yang bisa ditimbulkan mulai dari keguguran hingga cacat bawaan.

Selengkapnya

Mencegah Keracunan Makanan

17 Oktober 2022
mencegah-keracunan-makanan

Walaupun tidak mungkin selalu bisa menghindari paparan terhadap mikroba yang dapat menyebabkan keracunan makanan, tetapi beberapa pencegahan dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadi keracunan makanan. Di bawah ini akan dijelaskan pencegahan secara umum yang dapat dilakukan :

Selengkapnya

Mencegah Tertular Penyakit Infeksi Saat Hamil

17 Oktober 2022
mencegah-tertular-penyakit-infeksi-saat-hamil

Ibu hamil yang tertular penyakit infeksi harus mendapat perhatian khusus. Hal ini karena :

Selengkapnya

Bahaya Infeksi Toksoplasmosis Saat Hamil

17 Oktober 2022
bahaya-infeksi-toksoplasmosis-saat-hamil

Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang disebut sebagai Toxoplasma gondii. Parasit ini hidup di dalam usus binatang seperti kucing dan babi. Toksoplasmosis tidak selalu membuat orang menjadi sakit tetapi infeksi ini bisa berbahaya jika bunda terinfeksi saat sedang hamil.

Selengkapnya

Rubella (Campak Jerman)

17 Oktober 2022
rubella-campak-jerman

Rubella (campak jerman) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus rubella. Walaupun penyakit ini paling sering menyerang anak kecil tetapi siapa saja bisa terkena infeksi rubella.

Selengkapnya

Cacar Air Saat Hamil

17 Oktober 2022
cacar-air-saat-hamil

Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Istilah medis untuk cacar air adalah varicella. Jika virus ini masuk ke dalam tubuh maka sistem kekebalan tubuh akan membentuk antibodi selama infeksi berlangsung. Antibodi ini akan melawan virus dan kemudian akan memberikan kekebalan tubuh terhadap cacar air selamanya. Karena itu, sangat jarang mengalami infeksi cacar air lebih dari satu kali. Sebagian besar orang akan mengalami infeksi cacar air saat kanak-kanak sehingga sangat jarang saat dewasa terinfeksi cacar air.

Selengkapnya