Hubungi Kami 021-22715222

Tanda-Tanda ASI Basi

14 November 2023
tanda-tanda-asi-basi

ASI adalah sumber nutrisi penting bagi bayi. Selain bisa diberikan langsung, ASI juga bisa diperah dan disimpan untuk diberikan nanti. Namun, kualitasnya bisa berkurang dan basi bila disimpan terlalu lama atau dengan cara yang tidak tepat.

Selengkapnya

Perkembangan Janin Bulan ke 7 (Minggu ke 28-31)

14 November 2023
perkembangan-janin-bulan-ke-7-minggu-ke-28-31

Pada minggu ini, bayi Anda yang menakjubkan telah mencapai berat 1,1 kilogram dan panjang 41 sentimeter. Keterampilan yang dikuasainya pada minggu ini: mengedipkan mata. Benar, untuk melengkapi berkembangnya keterampilan lain seperti batuk, mengisap, cegukan, dan mengambil napas sederhana, kini bayi Anda dapat mengedipkan matanya yang mungil itu.

Selengkapnya

Perkembangan Janin Bulan ke 6 (Minggu ke 23-27)

14 November 2023
perkembangan-janin-bulan-ke-6-minggu-ke-23-27

Minggu ke-23 Kulit bayi Anda tampak agak kendur dan menggantung dari tubuh kecilnya. Penyebabnya, pertumbuhan kulit lebih cepat daripada penumpukan lemak sehingga belum tersedia cukup banyak lemak untuk mengisi kulit tersebut. Jangan cemas, lemak akan mulai mengejar ketertinggalannya. Sejak minggu ini, bayi Anda yang panjangnya sekitar 20 sentimeter dan beratnya lebih dari 0,5 kilogram akan mengalami ke- naikan berat badan (demikian pula dengan Anda). Pada akhir bulan ini,berat badan bayi Anda akan menjadi dua kali lipat dari beratnya sekarang (untungnya, Anda tidak mengalami hal yang sama).

Selengkapnya

Perkembangan Janin Bulan ke-5

11 Oktober 2023
perkembangan-janin-bulan-ke-5

Minggu ke-18 Dengan panjang 14 sentimeter dan berat sekitar 142 gram (seberat dada ayam yang Anda makan semalam, tetapi jauh lebih menggemaskan), bayi Anda membesar secara mengagumkan sehingga Anda mulai dapat merasakan geliatan, gulingan, tendangan, dan pukulannya. Rangkaian keterampilan lain yang dikuasai bayi Anda sekarang adalah menguap dan cegukan (Anda bahkan dapat mulai merasakan cegukan itu sebentar lagi!). Bayi Anda yang unik sekarang menjadi lebih unik lagi, lengkap dengan sidik jarinya yang unik pada jemari tangan dan kaki.

Selengkapnya

Perkembangan Janin Bulan ke-4

11 Oktober 2023
perkembangan-janin-bulan-ke-4

Minggu ke-14 Pada awal trimester kedua, janin tumbuh dengan kecepatan yang berbeda-beda; beberapa janin tumbuh lebih cepat daripada yang lain. Meskipun dengan kecepatan pertumbuhan yang berbeda-beda, semua janin melalui tahap-tahap perkembangan yang sama. Pada minggu ini, bayi Anda yang ukurannya saat ini sebesar kepalan tangan Anda akan bergerak ke posisi yang lebih lurus karena lehernya semakin panjang dan kepalanya lebih tegak. Di puncak kepala mungil yang menggemaskan ini, tumbuh beberapa helai rambut.

Selengkapnya

Perkembangan Janin Bulan Ke-3 (Minggu Ke-9 hingga Minggu ke-13)

26 Juli 2023
perkembangan-janin-bulan-ke-3-minggu-ke-9-hingga-minggu-ke-13

Minggu ke-9 Bayi Anda (yang secara resmi dinyatakan lulus dari tahap embrio dan kini menjadi janin) telah tumbuh sekitar 2,5 sentimeter. Kepalanya terus tumbuh, dan otot-otot mungilnya mulai terbentuk. Sebentar lagi, janin Anda akan dapat menggerakkan lengan dan kakinya, meskipun Anda masih harus menunggu satu bulan lagi sebelum dapat merasakan tendangan dan pukulan kecil itu. Walaupun masih terlalu dini untuk merasakan gerakannya, mungkin tidak terlalu dini untuk mendengarkan suaranya (maksudnya, suara jantungnya). Suara denyut jantung bayi yang membahagiakan dapat didengar dengan alat Doppler di tempat praktik dokter atau bidan Anda. Dengarkanlah, jantung Anda pasti akan berdegup lebih kencang.

Selengkapnya

Perkembangan Janin Bulan Ke-2 (Minggu Ke-5 hingga Minggu ke-8)

07 Juni 2023
perkembangan-janin-bulan-ke-2-minggu-ke-5-hingga-minggu-ke-8

Embrio kecil Anda sekarang mirip dengan kecebong (lengkap dengan ekor mungilnya) yang tumbuh dengan sangat cepat. Kini, ukurannya hampir sama dengan biji jeruk-memang masih kecil, tetapi jauh lebih besar dari pada sebelumnya. Minggu ini, jantung mulai terbentuk. Sistem peredaran darah dan jantung adalah sistem tubuh yang pertama bekerja. Jantung bayi Anda terdiri dari dua saluran kecil yang disebut pipa jantung.

Selengkapnya

Perkembangan Janin Bulan ke-1 (Minggu Ke-1 hingga Minggu Ke-4)

03 Mei 2023
perkembangan-janin-bulan-ke-1-minggu-ke-1-hingga-minggu-ke-4

Perhitungan tanggal kelahiran bayi anda dimulai pada minggu ini. Namun, belum ada sesuatu pun yang terlihat dalam Rahim anda. Jadi mengapa sudah disebut minggu ke-1 kehamilan jika anda bahkan belum hamil? Sangat sulit untuk mengetahui saat yang tepat ketika sel sperma bertemu dengan sel telur (sel sperma dapat berkeliaran dalam tubuh anda beberapa hari sebelum sel telur menemuinya, sementara sel telur anda pun dapat menunggu selama satu hari hingga sel sperma menampakkan dirinya).

Selengkapnya